Rabu, 28 Juli 2010

Desain Jembatan Luar Biasa

Rolling Bridge - London

Seperti yang anda lihat, jembatan ini dapat dilipat menjadi bentuk segi delapan agar sebuah boat dapat melewati kanal tersebut. Untuk melipat jembatan ini menggunakan sistem hidraulik yang sangat rumit. Didesain oleh Donald MacDonald yang sudah berpengalaman lebih dari 40 tahun dan sudah menghasilkan belasan jembatan diseluruh dunia.

Octavio Frias de Oliveira Bridge - Sao Paulo


Jembatan yang satu ini berukuran sangat besar sedangkan titik tertingginya 452 meter sedangkan panjangnya hanya beberapa mil saja membentang diatas sungai Pinheiros. Yang unik dari jembatan ini adalah ada 2 tingkat jaln raya sekaligus saat melalui tiang penyangganya itu. Ini menghemat energi sekitar 53 persen daripada harus membangun 2 buah jembatan.

Millau Viaduct


Jembatan ini dirancang oleh Norman Foster untuk membawa para wisatawan ke lembah sungai Tarn. Jembatan ini diresmikan tahun 2004 dengan menghabiskan biaya sebesar 600 juta dolar.Dengan puncaknya pada 1125 kaki, Millau Viaduct adalah salah satu jembatan tertinggi di dunia. Meskipun ukurannya yang besar, meskipun jembatan ini memiliki ukuran yang besar tapi lama pembangunannya cuman 3 tahun. Lebih dari 1500 ton kabel digunakan untuk menahan dek jembatan sepanjang 1,5 mil. Dek jembatan ini ada 885 meter diatas permukaan laut yang memungkinkan mobil berjalan diatas awan.

Gateshead Millennium Bridge


Jembatan ini adalah gagasan Wilkinson Eyre, sebuah perusahaan arsitektur berbasis di London. Jembatan ini membentang diatas Sungai Tyne, menghubungkan Gateshead dan New Castle. Sebuah sistem hidrolik dapat mengangkat jembatan dengan sudut 40 derajat untuk membiarkan perahu lewat. Wilkinson Eyre menjelaskan gerakan sebagai jembatan tampak seperti "perlahan membuka kelopak mata" ketika mengangkat, sebuah proses yang memakan waktu kurang dari 5 menit.

Juscelino Kubitschek Bridge


Diselesaikan pada tahun 2002, jembatan asimetris ini menyeberangi Danau Paranoa. Jembatan ini sebagai penghormatan kepada mantan presiden Brasil Juscelino Kubitschek, yang mendirikan Brasilia sebagai ibukota negara pada 1950-an. Jembatan ini unik karena tiga lengkungan baja yang melompat dari sisi ke sisi menahan dek jembatan sepanjang 3.900 kaki. Arsitek Alexandre Chan, yang merancang jembatan, mengatakan bahwa ia ingin menghindari garis-garis lurus untuk menonjolkan matahari terbenam yang mencolok Brasilia.



[ PopularMechanics ]
Ikon ini merupakan link ke situs bookmark sosial dimana pembaca dapat berbagi dan menemukan halaman web baru.
  • Digg
  • Sphinn
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright 2009 sLin2Tan