Senin, 26 Juli 2010

Bandara Luar Biasa di Dunia

Para insinyur dalam membangun sebuah bandara dihadapkan pada tantangan yangtak terhitung jumlahnya seperti : lokasi ideal yang butuh ruang yang sangat besar, tanah datar yang tidak ada habisnya, arah angin yang menguntungkan dan memiliki jarak pandang yang bagus. Tetapi daratan di dunia ini jarang yang memenuhi syarat ideal untuk bandara tersebut dan para insinyur yang harus memutar otak dengan apa yang mereka miliki dan hasil akhirnya adalah struktur bandara yang paling aman untuk pilot. Sebuah survey bandara diseluruh dunia secara independen mulai dari bandara yang memiliki area pendaratan yang terbatas dan berbahaya hingga bandara yang memiliki fasilitas lengkap yang jika beroperasi menyerupai kota kecil.

Kansai International Airport - Osaka, Jepang


Tanah adalah sumber daya yang langka di Jepang, jadi para insinyur punya gagasan untuk mewujudkan bandara lepas pantai kira-kira 3 mil ke Osaka Bay. Pembangunan bandara ini di pulau buatan manusia dimulai pada tahun 1987, dan pada tahun 1994 sebuah jet jumbo bisa mendarat di bandara ini. Dari bandara ini wisatawan bisa ke pulau Honshu melalui mobil, kereta api atau bahkan sebuah kapal feri berkecepatan tinggi.

Gibraltar Airport - Gibraltar


Diantara negara Maroko dan Spanyol ada 1 wilayah Inggris lebih dikenal dengan nama Gibraltar. Bandara ini terus melayani untuk Britania Raya Royal Air Force sejak Perang Dunia II dan juga melayani untuk penerbangan komersial setiap hari.

Winston Churchill Avenue, jalan tersibuk di Gibraltar, pemotongan jalan ini tepat di seberang landasan pacu. Jadi tiap kali ada pesawat yang mendarat atau berangkat, kendaraan yang melewati jalan ini harus berhenti sejenak. "Pada dasarnya di pulau ini ada sebuah gunung di salah satu sisi dan sebuah kota di sisi lainnya," kata Schreckengast. "Landasan pacu terbentang dari sisi ke sisi lain di pulau itu karena daerah itu adalah satu-satunya ruang datar di sana, jadi hal inilah yang terbaik yang bisa mereka lakukan, semua berjalan aman selama orang-orang menjauh dari landasan pacu." Katanya, "Itu adalah tempat terbaik untuk mendarat, jadi kadang-kadang sebagai jalan raya dan kadang-kadang sebagai landasan pacu."

Medeira International Airport - Portugal


Madeira adalah sebuah pulau kecil jauh di lepas pantai Portugal, membangun sebuah bandara yang mampu menangani penerbangan komersial sangatlah penting untuk perkembangan pulau ini. Bandara ini hanya memiliki landasan pacu sepanjang 5000 kaki, yang menimbulkan risiko yang sangat besar bahkan untuk pilot yang paling berpengalaman sekalipun. Insinyur memperpanjang landasan menjadi 9.000 kaki dengan membangun jembatan besar yang terdiri dari 200 pilar. Jembatan itu lebih dari 3000 kaki panjangnya dan 590 kaki lebarnya, cukup kuat untuk menahan berat Boeing 747 dan jet serupa.

International Airport Don Mueang - Bangkok, Thailand


Bandara ini tampak seperti bandara kelas menengah lainnya. Namun, tapi siapa sangka lahan hijau di tengah 2 landasan pacu itu adalah lapangan golf dengan 18 hole dan ada kegiatan bercocok tanam. Schreckengast, yang telah bekerja sebagai konsultan di bandara ini, kata dia : salah satu masalah utamanya adalah taxiways yang terletak di ujung landasan pacu. "Kami merekomendasikan agar mereka membangun landasan tambahan di tengah, dari sisi ke sisi, dan mereka berkata 'benar-benar tidak, karena akan menghilangkan ruang hijau.

Ice Runway - Antartika


Bandara ini adalah salah satu dari tiga lapangan terbang utama yang digunakan untuk mengangkut pasokan penelitian untuk Stasiun McMurdo di Antartika. Seperti namanya, landasan pacu di bandara ini tidak terbuat dari aspal melainkan terbuat dari es dan salju yang dirawat.

Bandara ini tidak kekurangan lahan untuk pendaratan sehingga pesawat ukuran jumbo seperti C-130 Hercules dan C-17 Globemaster III dapat mendarat dengan mudah. Tantangannya adalah memastikan berat pesawat dan kargo tidak melebihi batas normal agal tidak terjebak didalam es dan salju. Jika landasan esnya mulai retak-retak maka semua penerbangan dialaihkan ke bandara Pegasus Field atau Lapangan Williams.


Masih ada 13 bandara unik lainnya, silahkan mengunjungi [PopularMechanics]
Ikon ini merupakan link ke situs bookmark sosial dimana pembaca dapat berbagi dan menemukan halaman web baru.
  • Digg
  • Sphinn
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright 2009 sLin2Tan